Jumat, 21 November 2008

second art

TANGO DANCE


Tango termasuk dalam jenis dansa ballroom. Stepnya perpaduan antara slow dan quick. Gerakan putaran kepala yang menyentak menjadi ciri khas dari dansa ini. Ada ritme sedikit berderap pada musik berirama Tango.

Tango berasal dari Buenos Aires, Argentina, yang diciptakan oleh para imigran dari Eropa. Beberapa teori mengatakan bahwa kata ‘tango’ berasal dari bahasa Latin ‘tangere’ yang berarti ‘menyentuh’. Teori lain mengatakan ‘tango’ berasal dari bahasa Perancis ‘tanguer’ yang berarti ‘berayun’.

Ada pepatah di Argentina yang mengatakan bahwa orang-orang Buenos Aires adalah orang Italia yang berbahasa Spanyol, berpikir secara Inggris, dan berorientasi ke Perancis. Masyarakat kelas atas di Buenos Aires selalu menginginkan untuk pergi ke Eropa, terutama Perancis. Pada akhirnya, mereka memang menyebarkan dansa tango ke ruang-ruang dansa (ballroom) di Paris.

Di London, tango ditampilkan oleh George Grossmith dan Phyllis Dare pada pentas musikWest End, The sunshine Girl, pada tahun 1912. Pada tahun 1914 tango ditampilkan di hadapan Queen Mary pada pesta untuk menghormati Grand Duke Michael of Russia.

Tango juga muncul dalam film-film, dipelopori oleh Carlos Gardel. Dua penari yang sukses mempolerkan tango melalui film adalah Fred Astaire dan Ginger Rogers dalam film “Flying Down to Rio” yang diproduksi pada tahun 1933. Adapun Bernardo Bertolucci membuat film “Last Tango in Paris” pada tahun 1972.

watch this cool video !


3 komentar:

Rona! mengatakan...

jadi ingin berdansa tango, cacaca!

Anonim mengatakan...

tuh li, kaya gitu dong... tango.. ikutan gih.. bhahha

Runi mengatakan...

di kelas lo coba tango, li! biar seru hahahaha